Rabu, 16 Februari 2011

TAFSIRAN HAKIM-HAKIM 4:1-24

TEKS      : Hakim-hakim
PASAL     : 4:1-24
JUDUL     : Penindasan Yabin raja Kanaan dan Pelepasan
  Oleh Debora dan Barak

Latar belakang
Pada waktu Yosua membaharui perjanjian dengan umat Israel di Sikhem, mereka menegaskan bahwa mereka takkan pernah meninggalkan Tuhan untuk ilah-ilah lain setelah segala sesuatu yang telah diperbuat-Nya bagi bangsa Israel, Yosua menjawab bahwa mereka tidak akan mampu untuk hidup bagi Tuhan, mereka akan tidak setia, dan akan mendatangkan bencana atas diri mereka sendiri (Yosua 24:16-20).Sewaktu hal-hal yang ditakutkan Yosua benar-benar menjadi kenyataan, maka selama beberapa abad, Tuhan secara berkala memberikan pemimpin-pemimpin yang datang membantu Israel tepat pada saat mereka berada diambang kepunahan. Pemimpin-pemimpin ini disebut “pelepas”, atau “orang yang membawa keadilan” atau “hakim-hakim” yaitu nama yang diberikan pada kitab ini. Kitab hakim-hakim menjadi mata rantai utama sejarah di antara zaman yosua dengan raja-raja Israel. Periode para hakim mulai dari sekitar tahun 1375 sampai 1050 SM, ketika Israel masih merupakan perserikatan suku-suku. Kitab ini memperoleh namanya dari berbagai tokoh yang secara berkala dibangkitkan Allah untuk memimpin dan membebaskan orang Israel setelah mereka mundur dan ditindas oleh bangsa-bangsa tetangga. Para hakim (berjumlah 13 kitab ini) datang dari berbagai suku dan berfungsi sebagai panglima perang dan pemimpin masyarakat; banyak yang pengaruhnya terbatas pada sukunya sendiri, sedangkan beberapa orang memimpin seluruh bangsa Israel. Hakim adalah “seseorang yang diangkat oleh Tuhan untuk memimpin umat-Nya supaya mengetahui bagaimana seharusnya mereka hidup sesuai dengan perintah-perintah Tuhan, serta melepaskan mereka dari keadaan kekalahan dan penindasan pada saat-saat yang perlu.”[1] Hakim-hakim menguraikan tentang 2 dan abad ke-3, sesudah masuknya suku-suku Israel ke Kanaan dibawah pimpinan Yosua. Kurun waktu yang bersamaan dengan permulaan Zaman besi timur tengah. Kitab ini menggambarkan Serangkaian kejadian kembalinya lagi sebagian umat Allah ke dalam penyembahan berhala, diikuti dengan penyerbuan ke Tanah Perjanjian dan penindasan oleh musuh-musuh mereka. Kitab narasi ini berpusat di sekitar kepribadian hakim-hakim sebagai pahlawan yang dibangkitkan  untuk menjadi pembebas Isreal, setiap kali bangsa Israel dengan tulus/sungguh-sungguh bertobat dari dosa-dosa mereka. Sisi gelap dari penggambaran ini khususnya ditekankan pada riwayat hidup mereka melalui studi tentang tanggal-tanggal kita bisa mengetahui bahwa umat Israel memelihara kesetiaan kepada Yehowa lewat perilaku yang nampak dari luar lebih besar daripada kalau kita mempelajarinya hanya dengan membaca kitab ini sepintas lalu saja.

Penulisan Kitab
     Menurut tradisi Yahudi, Samuellah yang menulis kitab ini. Isi kitab ini memperkuat bahwa waktu penulisnya adalah sekitar masa hidup Samuel, data serta pandangan-pandangan yang dilaporkan adalah jelas data dan pandangan yang mungkin sekali diketahui oleh Samuel. Tugas-tugas khusus yang diemban Samuel pada masa dewasanya bisa saja memberinya kesempatan maupun kecendrungan untuk mempersiapkan catatan ini. Rupanya kitab ini ditulis pada suatu waktu semasa pemerintahan Saul atau Daud, tetapi sebelum Daud menaklukan Yerusalem (Hakim-hakim 1:12, dan II Samuel 5:6-8)
     Jumlah waktu yang dipertalikan dengan masa pemerintahan berbagai hakim serta selang waktu antara masa-masa pemerintahan itu adalah 410 tahun. Akan tetapi, tanggal relatif yang ditentukan Alkitab dalam I Raja-raja 6:1, selang waktu keseluruhan antara masa keluarnya orang Israel dari Mesir dan tahun keempat pemerintahan Salomo dinyatakan sebagai 480 tahun. Selang waktu ini pasti tidak memberikan 410 tahun penuh masa hakim-hakim saja karena begitu banyak peristiwa sebelum dan sesudah tercakup. Jadi, diperkirakan bahwa tidak semua masa pemerintahan para hakim dan masa kelegaan merupakan suatu rangkaian waktu yang beruntutan bagi bangsa itu sebagai suatu keseluruhan. Mungkin pada waktu yang bersamaan ada lebih dari hakim yang masing-masing memerintah sebuah daerah tertentu . dengan demikian, kronologi itu diringkaskan, dan lama masanya para hakim menurut tradisi telah ditetapkan 300 tahun. Beberapa ahli modern membatasinya sampai sedikit-dikitnya 180 tahun. Karena orang-orang pada zaman dahulu tidak begitu memperhatikan percatatan secara kronologis dibandingkan dengan para ahli zaman sekarang, kemungkinan besar hal-hal itu akan tetap tidak dipastikan.

Tujuan :
Riwayat hakim-hakim meliputi perriode Israel antara kematian Yosua dan permunculan Samuel (Kira-kira tahun 1375-1050 B.C). Sejarah itu mempunyai pola yang tetap: Israel meninggalkan Tuhan untuk mengikuti allah-allah lain; akibatnya ialah Tuhan mengangkat seorang penyelamat; Israel berbuat baik sampai hakim itu mati, kemudian mereka kembali lagi pada ketidaksetiaan.
     Selama periode penyesuaian diri dalam tanah Kanaan yang baru itu, suku-suku Israel diserikatkan oleh dua hal yaitu mereka semua memakai tempat ibadah yang sama (Kemah Suci), dan mereka semua menyembah satu Tuhan yang sama, yang hadir ditengah-tengah mereka di dalam Kemah suci tersebut. Akan tetapi persatuan itu hanya dapat bertahan selama rasa kesetiaan kepada Allah yang sama itu masih kuat waktu mereka mulai menyembah allah-allah lain, persatuan mereka itu hancur dan mereka dikalahkan oleh musuh-musuh mereka.
     Dalam sepanjang kitab Hakim-hakim ini kita dihadapkan berulang kali dengan kesetiaan Tuhan terhadap umat-Nya, meskipun mereka kurang setia sekali kepada Tuhan. Walaupun Tuhan mengetahui semua kesalahan dan kelemahan mereka, baik yang sudah maupun yang akan terjadi, apabila mereka berseru kepada-Nya seketika itu juga Dia menjawab. Tujuan penulis dalam mengarang kitab ini ialah bukan saja memberi peringatan kepada generasi-generasi berikut bahwa kemunduran rohani menyebabkan kemerosotan moral dan kekalahan militer, melainkan juga untuk mencatat kesetiaan Tuhan yang terus menerus dalam menempati janji-Nya dan memelihara umat-Nya supaya dapat melayani Dia dikemudian hari.

Ciri-Ciri Khas Kitab Hakim-Hakim:
  1. Kitab ini mencatat aneka peristiwa dari sejarah Israel yang bergejolak di antara penaklukan Palestina dan permulaan zaman kerajaan.
  2. Kitab ini mengarisbawahi tiga kebenaran yang sederhana namun mendalam:
-Menjadi umat Allah berarti bahwa Allah harus menjadi Raja dan Tuhan umat-Nya.
-Dosa selalu menghancurkan umat Allah; dan
-Ketika umat Allah merendahkan diri mereka, berdoa, dan berbalik dari cara hidup mereka yang jahat, Dia akan mendengar dari sorga dan memulihkan negeri mereka.
  1. Kitab ini menekankan bahwa setiap kali Israel kehilangan idenititas sebagai umat perjanjian di bawah pemerintahan Allah, mereka berulang-ulang terjerumus kedalam lingkaran kekacauan rohani, moral, dan sosial dengan akibat “setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri”.
  2. Kitab ini menyatakan beberapa pola yang berulang kali terjadi dalam sejarah umat Allah di bawah kedua perjanjian.
  3. Keenam siklus utama dalam kitab ini yang meliputi kemurtadan, penindasan, penderitaan, dan pembebasan semua bermula dengan cara yang sama; “oran Israel melakukan apa yang jahat dimata Allah” (Hakim-hakim 2:11)
  4. Kitab ini menyatakan bahwa Allah memakai bangsa-bangsa asing untuk menghukum umat-Nya itu karena dosa-dosa mereka dan menuntut mereka kepada pertobatan dan kebangunan rohani. Hanya campur tangan Allah inilah yang melindungi bangsa Israel sehingga tidak ditelan seluruhnya oleh penyembahan berhala disekitar mereka.





OBSERVASI
Gelar”hakim” (yang dalam bbahasa Ibraninya shophet)menandung arti seorang yang berperan untuk “membawa ke dalam hubungan yang benar dengan”. Para pemimpin mempunyai 3 fungsi yakni; kepemimpinan militer, pemerintahan, dan penyelesaian perselisihan. Mereka adalah pria dan wanita yang dibangkitkan oleh Allah untuk mengatur dan mengumpulkan bangsa itu untuk menghadapi para penindasan mereka, dan memimpin bangsa Israel ke dalam kekudusan yang diinginkan Allah. Sekalipun para hakim adalah satu-satunya pengelola manusiawi yang dimiliki bangsa itu pada masa kini, wewenang mereka terbata, dan hanya sedikit sekali catatan tentang kegiatan-kegiatan mereka dalam mengadili atau menjatuhkan hukuman dalam perkara-perkarahukum. Mereka tidak memerintah dengan kuasa mutlak, demikian pula pemerintahan mereka bersifat permane, mereka juga tidak mendirikan dinasti yang turun temurun. Dalam teori, sepanjang masa ini, Allah harus tetap menjadi penguasa yang sebenarnya dari bangsa Israel.
Bagian yang sedang dipelajari ini mengatakan bahwa Debora dan Barak adalah hakim yang keempat setelah Ehud dan Samgar. Nama debora ialah dalam arti bahasa Ibrani ialah lebah, dan memiliki arti lain, yaitu:
  1. Inang pengasuh Ribka. Kematiannya di Betel diceritakan dalam kejadian 35:8; pohon yang dibawahnya dia dikuburkan dinamai Alon Bakut, artinya “pohon ratapan”.
  2. Seorang nabiah seperti tertera dalam daftar para hakim Israel (tahun 1125 sM). Menurut hakim-hakim 4:4, markas besarnya terdapat dibawah “pohon Kurma Debora” antara rama dan betel. Orang Israel dari berbagai suku, yang ingin perkaranya diselesaikan, datang kesana untuk meminta nasihat dan pertimbangan.
Sedangkan Barak ialah halilintar, dalam Hakim-hakim 4:6 Barak adalah putra Abinoam dari Kedesy- Naftali, di panggil oleh nabiah Debora untuk mengumpulkan suku-suku Israel, dan memimpin mereka berperang menentang sisera, komandan dari Kanaan. Dan yang terjadi pada saat itu ialah ketika Ehud meninggal, maka bangsa Israel kembali berpaling dari Tuhan, lalu menyembah dewa-dewa lagi. Karena itu mereka dihukum, lalu ditindas oleh Yabin, raja negeri Hazor. Dahulu sudah pernah seorang yang bernama Yabin, dan raja negeri Hazor pula, dikalahkan oleh Yosua, dan kota Hazor dibakarnya. Tetapi orang-orang Israel tidaklah membinasakan orang kanaan itu, sehingga mereka dapat membangun kembali Hazor, kotanya, dan rajanya kembali pula berkuasa disana. Orang Israel tidak sanggup menaklukan Yabin, karena balatentara kuat sekali dan ada 900 kereta perangnya, dikepalai oleh Sisera. Orang Israel dianiaya sedemikian rupa, hingga mereka tidak berani melalui jalan-jalan raya, karena takut dirampok oleh musuh, lalu mereka mencari jalan-jalan kecil yang tidak diketahui oleh musuh (Hakim-hakim 5:6). Juga desa-desa tidak aman lagi. Orang Israel bersembunyi didalam gua-gua digunung. Karena pedihnya penindasan itu maka bangsa Israel kembali meraung-raung kepada Tuhan, lalu mereka dibebaskan oleh Debora, seorang perempuan, seorang nabiah yang tinggal antara rama dan betel. Atas perintah Tuhan maka Debora memanggil barak, seorang dari suku naftali, dan diperintahkan dia, supaya mengumpulkan tentara sebanyak 10.000 orang ke gunung tabor, yang letaknya di sebelah timur laut lembah Yizreel. Disanalah Tuhan akan menyerahkan bala tentara Sisera kepadanya. Tetapi hanya beberapa suku saja yang mau turut dengan barak (Hakim-hakim 5:14-18).
     Barak merasa takut. Ia tidak percya akan janji Tuhan. Lalu Barak meminta Debora untuk mendengarkan syaratnya bahwa ia akan melakukan apa yang diperintahkan Debora, yaitu dengan syarat bahwa Debora harus ikut serta dalam pertempuran itu. Sungguh kecil iman barak ini. Sebagai hukuman atas kecilnya imannya Debora mengatakan kepadanya, bahwa Tuhan akan memberikan kehormatan kepada seorang perempuan, artinya seorang perempuanlah yang akan membunuh musuh barak, yaitu Sisera.
     Barak akhirnya berangkat dengan pasukan-pasukannya. Setelah Sisera mendengar kabar itu, ia mengumpulkan kereta-kereta perangnya dikaki gunung itu, siap sedia untuk menghancurkan tentara Israel, jika nanti turun dari gunung itu. Tetapi sisera melupakan satu hal, yaitu bahwa Tuhan sendiri ada dipihak orang Israel. Allah menyuruh barak, supaya maju terus, dan alam pun turut memerangi sisera. Hujan batu jatuh jatuh dari langit, demikian pula hujan lebat, sehingga sebaklah batang air kison, lalu banjir (Hakim-hakim 5:20,21). Karena itu balatentara Sisera menjadi kacau balau, sehingga lari puntang panting, tak berani lagi menghadapi serangan Barak. Sisera sendiri terpaksa turun dari kereta perangnya, lalu berjalan melarikan diri. Barak terus mengejarnya. Sisera mencari perlindungan dalam kemah Yael, isteri Heber, seorang Keni. Orang-orang Keni adalah keturunan Hobab, ipar musa yang juga turut dengan orang-orang Israel ke tanah Kanaan. Orang-orang Keni itu berdiam disebelah selatan tanah Kanaan. Heber tinggal dalam kemah, jadi rupanya ia seorang gembala, yang selalu mengembara. Ketika itu berdiam di Zaanaim dekat Kedesy; letaknya kedua tempat itu tidak kita ketahui dengan pasti. Heber itu hidup berdamai dengan yabin, karena itulah sisera melarikan diri ketempat Heber. Yael, istrinya Heber, menyambut dia dan mempersilahkannya masuk kedalam kemahnya sendiri, jadi kedalam kemah untuk perempuan, dan kemah itu aman menurut adat, karena tidak ada orang boleh masuk ke dalamnya dengan tidak seizin yang empunya. Karena lelahnya, maka Sisera membaringkan diri diatas tanah.
     Yael menudungi dengan kain permadani, supaya jangan nampak, dan ketika Sisera minta minum, diberikannya dia susu. Melihat kemaran Yael itu, sisera percaya betul padanya, lalu tidurlah ia. Kemudian Yael mengambil sebuah patok kemah dan diambilnya pula sebuah patok kemah dan diambilnya pula sebuah palu, lalu dilantaknyalah patok itu masuk kedalam pelipisnya Sisera sampai tembus ke tanah. Sisera mati seketika itu juga. Yael pun ternyata ingin menyelamatkan bangsa Israel, manun caranya kejam. Kemudian datngglah Barak ketempat itu ingin membuunuh sendiri Sisera yang dikejarnya itu. Tetapi seseorang perempuan sudah mendahuluinya. Maka binasalah segala balatentara sisera dan pada hari itu juga. Debora pada pasal yang kelima menyanyikan lagu kemenangan.

KONTEKS UMUM
     Bangsa Israel pada saat itu sedang mengalami keadaan yang tertekan akibat jajhan dari raja kanaan yang bernama sisera. Dan Bangsa itu berseru kepada Allah untuk meminta pertolongan akibat keadaan yang tertekan tersebut dan akhirnya Allah mengangakta seorang penolong yaitu Debora. Debora adalah seorang nabiah atau bisa disebut juga hakim dalam arti biasa, yang bukan militer. Boleh jadi oleh kemasyurannya dalam kehakimannya dan karunia rohani yang ia miliki, sebab Debora adalah nabiah yang dipilih Allah untuk memimpin bangsa Israel dari jajhan raja Kanaan yang terus menerus menyerang dan menindas Israel sehingga bangsa Israel berseru kepada Allah dalam masa kesesakannya sehingga Allah memberikan sosok seorang Debora yang akan memnbantu bangsa Israel. Kemudian dalam masa-masa tertekan dan ingin kembali merebut tanah kanaan, sehingga Debora mengangkat Barak untuk memimpin untuk melawan sisera dan debora ingin membawa bangsanya hidup tidak dalam penindasan. (Hakim-hakim 4:1-24).

KONTEKS KHUSUS:

Konteks Jauh: Yosua 1-8
Karena kegagalan Yosua untuk mengambil tanah kanaan sehingga orang-orang kanaan mulai untuk kembali membangun dan memutuskan untuk menghancurkan atau membalas kepada orang-orang Israel. Dalam kitab Yosua, ketika Yosua memimpin bangsa Israel menggantikan musa, maka Yosua mulai meneruskan perjalanan bangsa Israel untuk mengalahkan tanah kanaan, tanah yang telah dijanjikan Tuhan kepada bangsa Israel. Namun ketika dalam penyerangan terhadap orang-orang kanaan tiba-tiba akhan dari suku Yehuda, mengambil dari barang tumpas itu, disembunyikan dalam kemahnya, dan dengan demikian ia melanggar perintah Allah. Oleh karena itu seluruh bangsa Israel kena kutuk. Bangsa itu merupakan satu badan, maka seluruh badannya menjadi berdosa.
     Dan ketika itu Yosua meminta ampun kepada Allah sehingga Allah memberi pengampunan namun Akhan harus mati sebagai gantinya agar bangsa Israel pulih kembali. Namun dalam masa kejayaan itu, bangsa Israel tidak menumpas habis orang-orang kanaan.
     Seperti kita lihat bahwa pemerintahan dalam bangsa Isarel ialah suatu teokrasi. Allah memerintahkan bangsanya dan dengan demikian kedudukan bangsa Israel lain sekali dengan bangsa lainnya di dunia ini. Dimana pada masa lampau, ketika menempuh masa yang mahasulit, Allah memberikan kepada orang Israel pemimpin-pemimpin yang ulung, cakap, tangguh dan sanggup melaksanakan tugasnya masing-masing. Musalah yang membawa bangsa Israel keluar dari tanah mesir dan memimpinnya selama dipadang gurun. Yosua membawa mereka ketanah kanaan. Suku-suku itu selanjutnya harus menaklukan sisa-sisa musuh dan memnbinasakan mereka. Allah telah telah menempati janjinya serta melakukan apa yang Ia janjikan kepada Bangsa Israel, namun dalam hal ini bangsa Israel tetap melakukan dosa terus menerus sehingga Tuhan terus menghajar bangsa Israel. Dan akibat Kelengahan Yosua juga sehingga bangsa Israel berdosa dan tidak lagi dapat mengahalu untuk terus orang-orang kanaan, sehingga bangsa kanaan itu berbalik menyerang. Dan ketika itu Ehud sebagai hakim telah memimpin orang Israel dan membawa kedalam kerohanian bangsa tersebut, namun tetap saja bangsa Israel adalah bangsa yang tegar tengkuk dan akhirnya apa yang selama ini telah dilakukan Allah terhadap bangsa  Israel tidak dialkukan oleh bangsanya untuk menyembah Tuhan namun malah berbalik dan menyembah Berhala, sehingga Tuhan memakai bangsa lain yang dipimpin oleh sisera untuk mengadang bangsa Israel dan akhirnya setelah Ehud mati, bangsa Israel lengah dan berseru kepada Tuhan sehingga Tuhan memakai Debora untuk memimipin bangsa itu.

Konteks Dekatnya: Hakim-hakim 3:12-30, Hakim-hakim 5
Bangsa Israel mengalami kegagalan, karena Ehud pada hakim-hakim 4 ayat 1 menyatakan telah meninggal dan akhirnya mereka hidupn sesuka mereka dan melakukan yang jahat di mata Tuhan dan dalam masa ehud tersebut bangsa Israel beribadah kepada Allah, dan dalam kepemimpinan ehudlah bangsa Israel mengalami pemulihan dan kemenangan melawan raja moab yaitu eglon yang disebut sebagai sapi yang gemuk dan akhirnya mereka membunuh eglon. Dan dalam masa-masa kejayaan bangsa Israel mengalami kenyamanan sehingga bangsa Israel tidak membutuhkan Allah lagi, malah berbalik kepada baal dan menyembah baal, dan akibat dosa ini mereka akhirnya dihukum oleh Allah.
     Dan dalam hakim-hakim pasal pun dijelaskan kegembiraan Debora dan barak ketika berhasil menaklukan bangsa kanaan yang telah lama terus menganiaya bangsa Israel. Dan syair-syair tersebut adalah luapan syukur yang dilakukan oleh Debora dan barak.

Sitz Im Leben

Geografis:
     Bangsa Israel ingin menaklukan tanah kanaan, sebab tanah kanaan adalh tanah yang berlimpah akan segala sumber seperti yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham yang menjadi nenek moyang bangsa Israel. Tanah yang subur dan sangat mendukung untuk kelangsungan hidup bangasa Israel.

Budaya:
     Pada waktu orang Israel memasuki kanaan, mereka tidak menemukan Negara yang bersatu, melainkan bantak kota otonom atau Negara kota dengan pemerintahan yan terpisah pisah. Kadang-kadang sejumlah Negara-kota bergabung dalam satu persekutuan yang tidak mengikat, tetapi lebih sering mereka bersekutu dengan kekuatan-kekuatan utama, khususnya mesir, yang kerapkali menguasai kawasan itu. Surat-menyurat dari berbagai beberapa Negara yang ditemukan dalam surat-surat Amarna yang menunjukan bahwa mereka tidak selalu mendapatkan bantuan dari mesir yang mereka harapkan atau butuhkan, dan juga bahwa mereka tidak segan-segan berkomplotan satu sama lainnya untuk melawan firaun. Namun, kisah-kisah di kitab yosua menunjukan bahwa mereka dapat bekerja bersama-sama untuk mengahadapi musuh yang sama bilamana dibutuhkan.




Politik
     Secara politik, Karena secara geogarfis tanah kanaan itu penuh dengan berkat dan sangat menjamin untuk kelangsungan sebuah Negara maka banyak Negara-negara lain yang ingin memperebutkannya sebagai tempat kediaman. negeri itu dikuasai oleh orang-orang yang tinggal di dalam kota-kota benteng yang merupakan Negara-negara tersendiri. Sebuah kota diatas sebuah kuat dapat mengadakan perlawanan terhadap serangan musuh selama jangka waktu yang hamper tak terbatas, selama persediaan air dan makanan mereka cukup. Karenanya perebutan dan pendudukkan Kanaan seolah-olah suatu tugas yang berat dan tidak mungkin bagi bangsa Israel.


Agama:
     Bangsa kanaan menyembah banyak menyembah banyak dewa (politheisme). El adalah kepala para dewa. Ia disebut “bapa lembu” dan pencipta. Nama isterinya yaitu Asyera. Yang terpenting di antara keturunan mereka yang banyak adalah Baal, yang berarti “Tuhan” (I Raja-raja 18:19). Dialah raja yang memerintah para dewa. Menurut kepercayaan orang kanaan dewa-dewa itu menguasai langit, bumi dan kesuburan.
     Kekejaman dan kemesuman yang dikisahkan dalam cerita-cerita tentang dewa-dewa ini tidak ada bandingannya. Keadaan Asusila ini tercermin dalam tata Ibadah dan upacara agama orang kanaan. Ahli-ahli ilmu purbakala menyatakan bahwa bukti-bukti kebudayaan bangsa kanaan pada zaman Yosua menunjukan bahwa mereka melakukan pengorbanan anak, pelacuran agama, dan penyembahan kepada ular dalam upacara agama mereka. Keadaan itu telah diketahui oleh Musa dan ia memperingatkan bangsa Israel bahwa jika mereka tidak memusnahkan bangsa-bangsa yang jahat itu, maka orang Israel akan terjerat dalam dosa bangsa Kanaan (Imamat 18:24-28; 20-23; Ulangan 12:31;20:17,18).

INTERPRESTASI
Pasal 4
Ayat 1
Saat itu Israel berada pada masa tak ada hakim. Ehud yang baru meninggal ialah hakim terakhir. Pola kitab hakim-hakim yaitu ketika hakim meninggal, bangsa tersebut merasa terbebas atau terlepas dari “kungkungan”. Di hakim-hakim 21:25 tercatat, pada zaman itu, tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.” Dengan kata lain, mereka jadi sangat liar. Terlalu banyak standart hidup sesuai keinginan sendiri.

Ayat 2
Karena bangsa Israel menjadi liar, Tuhan menghajar Israel dengan mengirim bangsa lain untuk menyerang, menjajah, mengintimidasi, menekan, dan menaklukan mereka. Lalu Tuhan menyerahkan kedalam tangan Yabin. Yabin adalah yavin, artinya mungkin “Allah Mengerti”). Pemimpin persekutuan raja-raja utara yang dikalahkan yosua dalam suatu pertempuran, dan kemudian Yabin ini dibunuh oleh Yosua (Yosua 11:1-14). Hazor dalam bahasa Ibrani khatsor ialah nama suatu tempat, mungkin artinya “perkampungan”, digunakan sebagai nama dari beberapa tempat dalam Perjanjian Lama, dan yang terpenting diantaranya adalah sebuah kota yang dibentengin terletak di wilayah Naftali (Yosua 19:36). Sedangkan setelah Yabin mati dibunuh oleh Yosua, Yabin ternyata memiliki panglima yaitu Sisera, yang diam di haroset-Hagoyim. Haroset-hayogim ialah kubu disebelah barat laut Kanaan, yang menjadi markas besar Sisera (hakim-hakim 4:2). Nampaknya itulah batas terobosan Israel pada waktu itu. Jadi Allah menghukum mereka dengan bangsa kanaan.

Ayat 3-4
Tercatat selama 20 tahun kekosongan kepemimpinan, Israel ditindas oleh Kanaan. Yabin, raja Kanaan memberi manday khusus pada Sisera untuk menyerbu mereka. Dan keadaan sangat mengerikan bagi bangsa Israel. Bangsa kanaan yang dipimpin oleh Sisera memiliki 900 kuda besi artinya kekuatan yang terdiri dari kendaraan berenjata ini membuat Sisera tak dapat terkalahkan hingga timbul suatu situasi dimana yang seharusnya menjadi sumber kekuatan, ternyata menjadi rintangan. Akibatnya, mereka dengan hati terdalam berseru meminta bantuan kepada Allah. Allah mendengar seruan umat-Nya lalu membangkitkan hakim baru yang akan memegang tampuk kepemimpinan. Sehingga ketika bangsa itu berseru dan akhirnya Allah menjadikan Debora seorang nabiah dan hakim atas Israel.

Ayat 5
Ia biasanya duduk dibawah pohon korma Debora. Ini jangan dikacaukan dengan pohon besar dibawah pohon mana Debora yang terlebih dahulu dikuburkan disebelah hilir betel (Kejadian 35:8). Korma dalam bahasa Ibrani ialah tamar. Pohon ini tumbuh dilembah Yordan dan nampaknya agak umum dalam Alkitab. Korma melambangkan pertumbuhan yang baik, gaya, kecantikan dan kelurusan (Mazmur 92:13). Korma dipakai sebagai lambang kemenangan dan kegembiraan. Dan rama ialah milik suku benyamin dekat betel didaerah Gibeon dekat betel. Temapt kediaman orang-orang yang bersejarah.

Ayat 6-7
Debora berkata kepada barak, bukankah Tuhan, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung tabor dengan membawa sepuluh ribu orang bani naftali dan bani Zebulon bersama-sama dengan engkau, …….” Ini menunjukkan perintah militer tersebut sungguh mengejutkan karena di ucapkan oleh perempuan. Barak mungkin berfikir, ia dan para tentaranya sudah terbiasa perang bahkan mengetahui strateginya secara detail. Namun dalam ayat ini barak berarti kilat menurut pandangan, kebiasaan serta budaya Israel saat itu, perempuan ialah warga Negara kelas dua yang kehadirannya sungguh dipandangb sebelah mata dan tiap perkataannya harus berulang kali di uji kebenaran, validitas serta otoritas. Contoh ketika Maria Magdalena menceritakan kubur kosong dan kebangkitan Tuhan, para murid-Nya ragu.
     Gunung tabor berada menjulang dari dataran Yizreel dengan ketinggian 58 m, di atas permukaan laut dimana gunung tabor adalah tempat Tuhan Yesus di permuliakan tetapi di ayat 7 melalui Debora Tuhan berkata pada barak “ Aku akan menggerakkan sisera, panglima tentara Yabin, dengan kereta-keretanya dan pasukan-pasukannya menuju engkau ke sungai kison dan aku akan menyerahkan dia ke dalam tanganmu. Dengan kata lain, mereka akan di tunggang balikkan dan dihancurkan di gunung tabor untuk menunjukkan kekuasaan-Nya pada sisera dan yabin, sungai kison pada ayat 7 ialah suatu wadi yang tiba-tiba menjadi luapan air yang berkakuatan besar pada waktu hujan; aliran wadi ini bergerak ke arah barat laut melalui lembah Yizreel ke laut tengah di sebelah utara  gunung karamel.

Ayat 8-10
Barak juga berarti memberi cahaya dan juga mempunyai penegertian sesuai peranannya sebagai pemimpin Israel. Tapi Imannya cenderung ragu atau plin-plan. Di hakim-hakim 4;8 ini tercatat reaksi pada Debora,”Jika engkau turut maju aku pun akan maju, tetapi jika engkau tidak turut maju aku pun tidak maju.” Ia mengajukkan tawar menawar. Dua puluh tahun tanpa hakim menimbulkan semacam keraguan karena ke biasaan mendengar Firman telah hilang. Sehingga ketika Firman datang kembali terdengar asing sekali. Selain itu, ia berusaha menjadikan Debora sebagai bemper di depan untuk membuktikan kebenaran perkataannya. Kalau menjadi kenyataan, ia akan mengakui dan memberi penghormatan pada Debora. Kalau salah, ia tidak mau di salahkan. Sebaliknya, kesalahan akan dilempar kepada Debora karena mungkin banyak tentara mati dimedan perang. Upaya tersebut sangat licin sehingga tak jelas terlihat seperti orang tak beriman. Dalam hakim 4:9 debora memberikan jawaban terhadap syarat barak baik aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab Tuhan akan menyerahkan sisera kedalam seorang perempuan. Padahal perempuan seharusnya memandang pria lebih tinggi maka harus takkluk mutlak padanya. Tapi bukan berarti Debora ingin mengambil alih posisi pria. Sebaliknya barak telah meninggalkan hak istimewanya. Perempuan yang dimaksud ialah Yael. Ia tak berkaitan dengan perdebatan tersebut.

Ayat 11
Adapu heber, orang keni itu telah memisahkan diri dari suku keni. Pada Pasal 1:16 Disini menunjukan satu keluarga suku keni yang memisahkan diri dari keluarga besarnya diselatan dan datang keutara sejauuh lembah Yizreel untuk mencari nafkah. Bila orang Keni masih menjalankan pekerjaanya selaku tukang-tukang patri, mungkin mereka suka berpindah tempat dari kelompok-keompok etnis lain dan bersikap netral dalam pertengkaran kelompok ini. Dan ayat 11 ini adalah jalan keterangan pada ayat yang 17.

Ayat 12-16
Perang yang digambarkan dalam ayat ini, tetapi ada sedikit rincian dalam kisah itu. Allah diperlihatkan sebagai yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi Tuhan sendiri yang layak mendapat kemuliaan.
Ayat 17-24
Perempuan itu menutupi dia dengan selimut, ini berarti harus kita terjemahkan dahulu, sebaiknya diterjemahkan dalam bahasa Ibraninya ialah dengan kelambu penyangkal lalat. Lalu perempuan itu membuat kirbat sus, yakni dadih “lebben” modern yang mempunyai efek membuat orang sangat mengantuk. Ayat yang ke 21 Yael, istri Heber mengambil patok kemah. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih hidup tentang kematiannya. Palu dan patok kemah untuk memancangkan kemah itu tersedia baginya, karena mencangkan kemah itu adalah tugas wanita. Pada ayat 24 sampai mereka melenyapkan Yabin orang kanaan itu. Dan riwayat dalam bentuk prosa dilanjutkan dalam Pasal 5:31b, syair puitis tentang kematian sisera.


Kesimpulannya:
Kitab hakim-hakim adalah menceritakan kehidupan bangsa Israel yang terus berbuat jahat dimata Tuhan. Dalam Tuhan mengambil Debora sebagai hakim dan nabiah atas bangsa Israel, dan dalam kitab ini disebut kitab Prosa yang juga tertulis dalam syair nyanyian Debora atas kemenagannya mengalahkan orang Kanaan, yaitu panglima sisera atas pertolongan Tuhan yang selalu menyertai para utusan Allah.

APLIKASI
Setelah membahas kitab hakim-hakim pasal 4 ayat 1-24, penulis mendapatkan hal-hal kerohanian yang terdapat dalam nats tersebut tentang Debora dan Barak, Yaitu:
  1. Meninggalkan Tuhan mengakibatkan penyembahan berhala, dosa, dan kekalahan. Barang kali semuanya itu disebabkan orang Israel mengabaikan Firman Tuhan. Kalau seandainya bangsa Israel serring membaca kitab Musa, pasti mereka akan menjadi umat yang kudus dan sejahtera. Demikian pula bagi kita semua sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, tidak cukup hanya masuk saja dalam berkat rohani (seperti yang dialkukan oleh orang Israel yang telah masuk dalam tanah perjanjian- Kanaan); tetapi hanya melalui cara hidup kita yang penuh iman dan ketaatanlah dapat mengawetkan persekutuan kita dengan Tuhan serta tumbuh dalam kasih karunia. Firman Tuhan mengajarkan bahwa tidak ada saat dalam hidup kekristenan dimana kita dapat berhenti dari berdoa serta membaca firman Tuhan (Efesus 6:18, I Tesalonika 5:17). Kemenangan-kemenangan yang pernah kita peroleh tidak dapat menjamin bahwa kita akan jatuh lagi dalam dosa. Kita tidak boleh kompromi sedikit pun dengan Dosa.
  2. Dosa harus dihukum oleh Tuhan, baik yang dilakukan oleh siapa pun apapun bentuk pelanggaran yang dapat menyakiti hati Tuhan, dan itulah yang harus diterima oleh banyak orang yang hidup dalam dosa. Dalam hal ini pun kekudusan Allah dan kedaulatan Allah terlihat, dimana Ia memakai bangsa-bangsa lain sebagai Alat-Nya untuk menghukum umat Israel yang tegar tengkuk yang tidak mau berubah oleh kebaikan Allah yang dinyatakan dalam perjalannan umat Israel. Tetapi penghukuman itu terutama dimaksudkan bukan sebagai pukulan saja, melainkan sebagai didikan untuk kebaikan orang Israel kepada jalan yang benar.
  3. Allah bersifat murah hati dan sabar terhadap anak-anak-Nya yang sering berbuat salah. Asal mereka berbalik dan bertobat serta tidak melakukan hal yang serupa yaitu dosa yang dapat memisahkan hubungan kita dengan Allah. Sebab dia selalu bersedia untuk menerima mereka kembali serta melepaskan mereka dari akibat-akibat dosa.
  4. Dalam kedaulatanya, Allah seringkali bertindak dengan cara yang tidak dimengerti oleh manusia, sangat berbeda dengan cara manusiawi. Contohnya ketika barak ingin melawan orang kanaan yang tangguh, namun barak takut dan masih ragu-ragu dan barak binggung apa yang akan dialakukan Allah bagi bangsanya, dan secara heran Allah membuat bangsa kanaan itu terserak-serak dengan menggunakan hujan dan alam dengan cara yang tidak dikenal oleh manusia yang dipikirkan kita mustahil namun Allah akan membuat sesuatu yang terbaik dengan cara apapun yang tidak dimengerti oleh manusia dan cara berpiki kita sendiri. Oleh sebab itu kita jangan takut dan gelisah menghadapi segala sesuatu sebabb Allah akan senantiasa akan menolong dan menyertai setiap orang yang mengandalkan kekuatan Allah yang luar biasa.
  5. Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang mengandalkan Tuhan dalam hidup atau dalam suatu organisasinya, serta seorang pemimpin harus berani untuk menyatakan kebenaran atau menguatkan sama halnya ketika barak mengalami kelemahan dan ketakuatan, namun Debora memberikan inspirasi kepada kita untuk saling membangun sebagai orang yang percaya dalam Tuhan Yesus Kristus.
  6. Perempuan dapat dipakai secara luar biasa dalam pelayanan yang sanagt luar biasa, jadi janganlah kita merasa minder dan takut sebab jika Tuhan yang telah memanggil kita maka ia pula yang akan bertanggung jawab dan yang akan melakukan Tugas-Nya, oleh sebab itu tugas kita ialah untuk melayani Tuhan dan menyatakan kebenaran dalam dunia yang banyak menawarkan berbagai macam kenikmatan.
  7. Dalam kenikmatan jangan kita mudah terbuai, jika kita diberkati oleh Tuhan hendaklah kita jangan sombong dan mulai meninggalkan Allah sebagai sumber berkat kita, namun tetap dalam kekudusan serta minta kekuatan Allah dalam hidup kita.

















DAFTAR PUSTAKA

Siamnjuntak. Tafsiran Alkitab Masa Kini 1 Kejadian-Ester. Jakarta: Yayasan Bina Kasih OMF, tth.

Andrew E. Hill. Survai Perjanjian Lama. Malang: Gandum Mas, tth.

Sitompul A.A dan Beyer Ulrich. Metode Penafsiran Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Balchin Jhon, dkk. Intisari Alkitab. Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 2005.

Brill J.Wesley. Doa-Doa Dalam Perjanjian Lama. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1995.

Green Denis. Pengenalan Perjanjian Lama. Malang: Gandum Mas, 1995.

Koch Klaus. Kitab Yang Agung. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Blommendaal Dr.J. Pengantar Kepada Perjanjian Lama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993.

Bakker. Dr. F.L. Sejarah Kerajaan Allah Perjanjian Lama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Holdcroft. L. Thomas. Kitab-Kitab Sejarah. Malang: Gandum Mas, 1996.

LAI. Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2006.

Ensiklopedia Alkitab Masa Kini. Jakarta: Bina Media Kasih/OMF, 2007.

Handbook to the Bible. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Bergant Dianne dan Karris Robert.J. Tafsir Alkitab
     Perjanjian Lama. Jakarta: Kanisius Lembaga Biblika Indonesia, 2002.

  




[1] Green, Dennis. Pembimbing Pada Pengenalan Perjanjian Lama. 1999. Jawa Tengah: Gandum Mas. Hal. 81

3 komentar:

  1. trimakasih tuk tulisannya, sangat memberkati saya,, dan minggu depan saya akan berkhotbah teks ini..Gbu

    BalasHapus